Alasan Ini Penyebab Pria Mau Sunat

0
41

Sunat atau khitan sendiri secara medis adalah proses memotong prepusium, yaitu kulit yang menutupi glans penis (kepala penis). Dalam prosesnya, khitan adalah tindakan pembuangan kulup penis dengan tujuan menjalankan indikasi medis. Ahli kesehatan mengatakan bahwa khitan mempunyai manfaat bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang menjadi tempat tertimbunnya bibit penyakit. Khitan dapat menghindari timbulnya berbagai penyakit diantaranya fimosis, parafimosis, kandidiasis, serta tumor ganas pada penis.

Kebanyakan ada dua kategori orang yang kemudian memilih melakukan sunat yaitu anak-anak dan dewasa. Pertama karena tradisi dan kedua mungkin karena alasan diluar itu. Okelah, sekedar mengenang beberapa alasan yang biasa muncul saat memutuskan untuk sunat. Kita lupakan dulu alasan khitan sebagai kewajiban atau juga tradisi. Coba kembali kita ingat-ingat alasan apa sajakah yang biasanya berlaku bagi laki-laki yang kemudian memutuskan untuk melakukan jenis operasi kecil ini.

Karena, diluar tradisi dan kewajiban pria melakukan khitan. Banyak juga alasan yang selalu ada di balik keputusan melakukan khitan.

Ingin dibelikan Tamiya atau Sega

Ini mungkin jadi alasan banyak anak laki-laki di era 80 dan 90an. Apapun itu, permintaan melakukan khitan memang layaknya sebuah ritual make a wish paling terkabulkan. Momen ini memang tak beda jauh dengan bertemu Santa Claus, banyak disajikan hadiah. Begitu Anda mengatakan siap untuk menjalani khitan, maka sederet  hadiah akan disiapkan sebagai imbalannya.

Mengisi masa liburan

Banyak waktu panjang yang didapatkan ketika masa liburan sekolah. Apalagi kalau masa liburan tersebut merupakan dari masa lengang setelah pengumuman kenaikan kelas. Serunya, waktu kosong tersebut digunakan untuk pergi liburan mengunjungi beberapa tempat wisata. Namun, jika rencana tersebut batal, biasanya opsi lain mengisi waktu liburan yang ditawarkan adalah khitan. Waktu libur panjang bisa membuat masa pemulihan setelah khitan maksimal. Jadi, tak salah bila momen liburan juga selalu jadi alasan untuk khitan.

Sunatan Masal

Alasan lain seorang anak laki-laki berkeinginan untuk melakukan sunat adalah saat teman-teman sepermainannya juga melakukan hal tersebut. Momen itu kemungkinan terjadi ketika diadakannya acara khitan masal. Karena melihat satu atau dua orang melakukannya akan memancing keinginan teman-teman lain untuk turut partisipasi.

Medis

Alasan yang satu ini rasa-rasanya yang paling tepat diikuti. Karena biasanya alasan ini merupakan perintah dari dokter. Mungkin ini tak terjadi pada Anda, tapi tak sedikit terjadi pada orang dilingkungan Anda. Fimosis yaitu kondisi dimana terjadi penyempitan atau perlengketan kulup penis sehingga kepala penis tidak bisa terbuka sepenuhnya. Keadaan tersebut biasa dialami oleh bayi atau balita, biasanya diawali dengan gejala demam tinggi. Salah satu solusi agar kondisi membaik adalah dengan melakukan khitan.

Beranjak remaja

Usia kebanyakan dari anak laki-laki melakukan khitan berkisar dari umur 7 sampai 13 tahun. Atau juga saat dirinya masih berstatus kelas 1 sampai 6 sekolah dasar. Meski ada juga yang melakukannya di atas kisaran usia tersebut. Namun, biasanya anak lelaki yang akan meninggalkan bangku sekolah dan akan melanjutkan ke sekolah menengah akan merasa malu kalau ternyata dirinya belum dikhitan. Apalagi saat rentan waktu usia tersebut mereka mulai mengalami transisi dari anak-anak menjadi remaja. Akan malu rasanya melakukan khitan jika telah masuk kategori remaja.

 

Nah, apakah dari beberapa alasan tersebut ada alasan Anda?

 

(Visited 1,999 times, 1 visits today)