Selain Menjijikkan, Ini Bahaya Ngupil Bagi Kesehatan Anda

0
13

Ketahui dengan jelas bahaya ngupil bagi kesehatan Anda!

Mengorek-ngorek hidung alias ngupil memang memberikan kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Saking nikmatnya, banyak orang yang tak sadar akan bahaya yang bisa ditimbulkan.

Ngupil punya dampak buruk bagi kesehatan.
Ngupil punya dampak buruk bagi kesehatan.

Menurut riset, upil merupakan kerak dari ingus yang mengering. Faktor lingkungan yang lembab bikin produksi lendir pernapasan jadi meningkat. Dalam hal ini, kelembaban juga membuat mukosa (lapisan terluar rongga hidung) mengering yang pada akhirnya menghasilkan upil. Ya, kendati keberadaan upil memang cukup mengganggu, namun hal tersebut nyatanya merupakan tanda bahwa sistem filterisasi yang dilakukan bulu hidung dan lendir berjalan dengan baik.

Hingga kini, periset mengaku bahwa tak ada angka pasti berapa banyak orang di dunia ini yang memiliki kebiasaan ngupil. Kendati demikian, mereka yakin jika 99 persen orang dewasa sejatinya pernah melakukan aktivitas tersebut.

Diungkapkan ahli kesehatan Dr. Erich Voigt, membersihkan hidung dengan cara tersebut memang bisa menimbulkan efek menyenangkan. Meski begitu, lanjut dia, hal tersebut punya dampak buruk bagi kesehatan.

Staphylococcus aureus, kuman yang hidup di depan hidung.
Staphylococcus aureus, kuman yang hidup di depan hidung.

Kepada Business Insider, Dr. Erich menjelaskan bagaimana proses ngupil bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. “Memasukkan jari ke dalam hidung dapat membawa bakteri berbahaya, yakni Staphylococcus aureus (kuman yang hidup di depan hidung). Selain itu, aktivitas tersebut juga berpotensi besar menyebabkan lecet di bagian dalam hidung,” ujarnya.

Jika dibiarkan terjadi, sambung Dr. Erich, kuman yang bercampur dengan darah dapat meningkatkan kerak dan mengakibatkan iritasi parah. Demikian dilansir mirror.co.uk.

Dr. Erich menambahkan, bahaya ngupil bisa lebih buruk tergantung dari bakteri yang menempel di jari-jari. Kata dia,”Kondisi yang buruk lebih sering dialami oleh anak-anak. Hidung mereka lebih mudah berdarah karena mereka terbiasa ngupil dengan kasar.”

Baca juga: Kebiasaan BAB Sambil Baca Koran Berdampak Buruk Bagi Kesehatan!

Di sisi lain, Dr. Erich memaparkan bahwa suplai darah ke wilayah hidung pada dasarnya sangat kuat. Terdapat lima arteri yang mengarah ke depan hidung. “Saat abrasi terjadi, hidung bisa mengalami pendarahan yang sangat hebat. Perlu Anda tahu, inilah yang sering jadi pemicu anak-anak mudah mimisan,” pungkasnya.

Untuk mencegah terjadinya hal itu, para ilmuwan menyarankan agar sebisa mungkin lembut saat ingin membersihkan hidung. Jika tidak, Anda bisa gunakan nasal spray yang minim risiko.

(Visited 252 times, 1 visits today)